Senin, 01 April 2013

PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjUSZ2Ct2FxbHZprIdJSn5bE-DeQurL4iV8x22I2rYJfMH5YnfdWDTcNdY_NKSYP34v77bc5bCmy4oZnq7jLdlVpdJ0IrLwyoKpzUxvpIM5c0HWn_L5Z8L6O_Pfgb24tv703vGiZS5z-y4/s1600/computer7.jpg

Teknologi, merupakan sebuah kata yang sangat di butuhkan di kehidupan manusia di dunia ini. Tanpa teknologi, manusia tidak dapat hidup dan berkembang layaknya makhluk hidup lainnya.  Kebutuhan teknologi di jaman sekarang semakin berkembang. Karena teknologi sendiri merupakan dasar dari kehidupan yang dimiliki oleh manusia. Teknologi sendiri berasal dari bahasa Latin yaitu “Texere” yang berarti membangun ataupun menuntun. Perkembangan teknologi sekarang sudah semakin pesat mengikuti perkembangan jaman. Bermacam- macam teknologi yang membantu manusia untuk hidup sudah mulai bermunculan. Mulai dari untuk membantu telekomunikasi sampai dalam membantu jalannya hidup manusia era sekarang ini. Perkembangan teknologi seudah dimulai dari jaman dahulu dan sudah berkembang beberapa kali sampai sekarang ini. Dan akan terus berkembang mengikuti jaman yang ada ini.


" Perspektif terhadap interaksi Manusia dan Teknologi dalam menghadapi Era Globalisasi"

Jika teknologi komunikasi pada abad 17-18 dilakukan di kantor pos, maka pada abad 20 semua komunikasi dilakuakn dengan menggunakan teknologi. Sekarang ini, perkembangan teknologi komunikasi ini sudah hamper menjadi satu dan terlebur dengan perkembangan kaum digital. Seudah tidak ada bedanya apa yang akan dibedakan dari perkembangan teknologi dari kaum komunikasi ataupun kaum digitalisasi. Karena semuanya mendukung dan juga merupakan dua hal yang di butuhkan oleh manusia akhir- akhir ini. Seperti contoh sudah banyaknya persatuan antara perangkat komunikasi dengan perangkat digital. Handphone merupakan sebuah contoh kongkrit penggabungan antara kaum komunikasi dengan kaum digital. Kedua hal tersebut melebur menjadi satu dalam sebuah alat bernama handphone. Di satu sisi handphone digunakan sebgaia alat komunikasi untuk berhubungan dengan sesame individu lain, di satu sisi handphone menggunakan teknologi digital dalam pengaplikasiannya.  Dan menurut perkembangan teknologi sekarang, manusia umumnya menggunakan teknologi sendiri untuk berhubungan atau berkomunikasi. Ataupun untuk mempermudah suatu hal dalam hidup di dunia ini.
Jika kita ingin melihat perkembangan teknologi yang sesungguhnya dengan contoh kongkrit ada beberapa penjelasan contoh yang dapat di mengerti dan di lihat dengan fakta yang ada. Seperti jika ingin berkomunikasi antar jauh diperlukan sebuah cara yaitu pengirimian surat untuk pertama kalinya untuk berhubungan dengan individu lain. Setelah itu mulai muncul telepon yang dapat digunakan tidak harus bersusah payah untuk menulis. Hanya tinggal memutar angka nomor tujuan dan berbicara saja. Namun telepon ini masih mahal dalam penggunaanya, namun masih banyak yang menggunakan surat untuk berhubungan. Setelah itu mulai menggeser kea rah seperti, radio, fax, dan lain sebagainya. Lalu e-mail yang merupakan cara mudah dalam menggunakan teknologi internet. Jika untuk berhubungan yang sangat jauh namun, rendah biaya biasa menggunakan e-mail ini di bandingkan dengan menggunakan telepon yang bertarif cukup mahal. Handphone, merupakan sebuah alat yang kecil dan efisien untuk berkomunikasi. Hamper setiap manusia di dunia ini memiliki handphone. Alat kecil ini merupakan penemuan terbaik sepanjang hidup sampai sekarang ini. Dikarenakan sangat mudah dan efisien dalam penggunaannya tersebut. Laptop, juga merupakan alat yang cangih. Dengan menggunakan laptop, kita dapat terhubung dengan internet dengan system wireless internet yang telah disediakan. Hanya dengan chip kecil yang ada dalam aplikasinya tersebut.
Perkembangan teknologi itu sendiri tidak hanya di lakukan dengan menggunakan atau melihat dari kinerja atau kecanggihan sebuah alat. Namun, trend dan fashion juga menjadi perkembangan. Sebagai contoh orang berbondong- bonding menggunakan blackberry karena mengikuti jaman, dan dapat berhubungan dengan banyak orang denga gratis (yang padahal harus tetap membayar untuk pengaktifannya), padahal masih banyak handphone lain yang lebih canggih di bandingkan blackberry, Iphone contohnya. Contoh lain handphone yang tadinya berukuran sangat besar semakin seiring berkembangnya jaman semakin mengecil ukurannya dikarenakan agar lebih efisien untuk di bawa kemana- mana.
Perkembangan teknologi di dunia ini di pengaruhi oleh sebuah system komunikasi atau internet tanpa kabel. Pada tahun 2010 sistem ini sudah mencapai system 2G, pada tahun 2011 sistem 3G menjadi perubahan dalam aplikasi yang ada. Dan di tahun 2012 ini, semakin menjadi dan siap dalam aplikasinya yaitu system 4G. Sistem ini semakin hari semakin berkembang. Yang ingin di dapatkan pada perkembanga teknologi menurut system XG ini tidak lain di karenakan untuk jernih dan kuatnya sinyal dalam koneksi internet tanpa kabel yang ada.
Dengan adanya teknologi yang semakin hari semakin canggih ini, manusia semakin bergantung juga dengan teknologi yang ada. Karena manusia sudah menjadi berkembang dengan menggunakan teknologi yang ada tersebut. Semakin canggih teknologi yang ada, maka semakin banyak orang yang tergantung akan adanya teknologi ini. Karena teknologi membantu manusia dalam hidup itu sendiri. Karena teknologi yang semakin majupun memberikan pelajaran yang berarti untuk para individu yang ada. Karena dalam teknologi setiap pelajaran hidup juga ada untuk dapat di pelajari tidak hanya pada realita yang ada melainkan di kehidupan maya pun juga dapat dipelajari dalam teknologi yang diberikan oleh dunia itu sendiri. Namun, sepandai- pandainya teknologi, tetap manusia yang menciptakan teknologi tersebut, jadi tidak akan jauh- jauh jika nantiny akan berkembang sedemikian pesat dan canggih. Dan positifnya teknologi pasti di ciptkaan untuk membantu hidup manusia bukan untuk menghancurkan segala sesuatu yang sudah ada.

Sumber : http://komunikasi.us/index.php/mata-kuliah/dmnm/55-manusia-dan-teknologi

0 komentar :

Posting Komentar

KOMENTAR